Inilah Amalan-amalan Yang Boleh di Lakukan Muslimah Saat Sedang Haid

Berdakwah - Menstruasi merupakan proses fisiologis
bagi seorang perempuan. Menstruasi terjadi secara berskala dan dipengaruhi oleh hormon. Menstruasi merupakan fitrah seorang perempuan dan merupakan ketentuan dari Tuhan.
“Sebenarnya ini adalah hal telah menjadi ketetapan Allah atas putri- putri Adam.” (HR Bukhari dan Muslim). 

Inilah Amalan-amalan Yang Boleh di Lakukan Muslimah Saat Sedang Haid
Sumber: Ummi-online.com
Islam memberikan keringanan bagi muslimah yang sedang menstruasi. Saat mentruasi muslimah diharamkan untuk salat tetapi tidak perlu untuk mengqadha’nya. Saat menstruasi muslimah diharamkan berpuasa di bulan Ramadhan namun harus menggantinya di lain waktu. Islam juga melarang muslimah membaca Alquran, masuk masjid, serta berhubungan badan dengan suami saat menstruasi. Islam juga melarang muslimah melakukan tawaf di ka’bah saat  menstruasi. Selain itu islam juga melarang muslimah yang sedang menstruasi untuk menyentuh Al Quran. Hal ini sesuai hadis rasul, “Tidak boleh menyentuh Alquran kecuali engkau dalam keadaan suci.” (HR. Al Hakim).  

Firman Allah, “Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah: “Haid itu suatu kotoran”. Oleh sebab itu, hendaklah kamu menjauhi diri dari wanita di waktu haid; dan janganlah kamu mendekati mereka sebelum mereka suci.” (Al-Baqarah: 222) 

Walaupun demikian, muslimah tidak perlu bersedih hati. Masih ada beberapa amalan yang bisa dilakukan muslimah saat menstruasi, diantaranya: 

1. Boleh membaca Alquran tanpa menyentuh lembarannya atau bisa dengan mengunakan bantuan alat seperti HP, tablet, atau komputer.
Para ulama menyimpulkan bahwa muslimah yang sedang menstrusi boleh membaca Alquran asalkan tidak menyentuhnya, atau muslimah dapat menggunakan kain penghalang atau lainnya agar tidak langsung memegang Al Quran. 
2. Muslimah tetap boleh berzikir dan berdoa saat haid.
3. Muslimah tetap boleh memperdalam ilmu agama dengan membaca buku- buku islami.
4. Muslimah dapat mendengarkan ceramah atau mendengarkan orang membaca  Alquran, bisa melalui televisi, hp, tablet atau pun komputer.
5. Muslimah boleh bersedekah, infak, dan amalan sosial lainnya.
6. Muslimah bisa menolong sesama manusia dan berbagi ilmu.
Semoga bermanfaat. 

Sumber: Ummi-online.com

Related Posts

Inilah Amalan-amalan Yang Boleh di Lakukan Muslimah Saat Sedang Haid
4/ 5
Oleh