Inilah 10 Amalan Yang Pahalanya Setara dengan Pahala 100 Orang yang Mati Syahid

Berdakwah - Seseorang yang mati dalam keadaan syahid akan mendapatkan balasan surga di akhirat. Ternyata jika kita lakukan amalan ini, maka dengan mudah kita akan mendapatkan pahala seperti 100 orang yang mati syahid. Tetapi sayangnya masih belum banyak orang yang mengetahui dan mengamalkan amalan ini. Amalan apakah itu?

Inilah 10 Amalan Yang Pahalanya Setara dengan Pahala 100 Orang yang Mati Syahid
Sumber: Kumpulanmisteri.com
Ada banyak sekali amalan-amalan yang telah diajarkan Rosulullah kepada umatnya, salah satunya adalah amalan yang setara dengan pahala 100 orang yang mati syahid. Amalan yang demikian adalah amalan ketika tidur yang telah dicontohkan Rosulullah. Cara tidur yang telah dicontohkan beliau berbeda dengan cara tidur biasanya dan semua yang dilakukan beliau memiliki arti dan manfaat bagi kita yang mengamalkannya dengan baik.

Dalam hadits Nabi juga telah dijelaskan bahwa siapa saja yang melakukan amalan ini akan dapatkan pahala 100 orang mati syahid. Berikut adalah sunnah Nabi dalam tidur untuk mendapatkan pahala setara dengan 100 orang mati syahid:

1. Tidak tidur dalam posisi kaki menghadap kiblat
Kita harus menghindari tidur dengan posisi kaki menghadap kiblat karena hal ini tidak dilakukan oleh Rosulullah dan posisi tidur yang baik adalah kepala menghadap kiblat sebagai cerminan menghormati arah kiblat.

2. Membersihkan tempat tidur
Dalam hadits Nabi yang telah diriwayatkan oleh Bukhari telah dianjurkan untuk membersihkan tempat tidur terlebih dahulu sebelum bergegas untuk tidur. Hal ini bertujuan untuk membersihkan hal-hal yang buruk yang ada diatas tempat tidur seperti jin atau setan dan kita juga dianjurkan untuk berdo’a kepada Allah SWT.

3. Membaca surat As-Sajdah dan Al-Mulk
Dalam hadits Nabi telah dijelaskan bahwa setiap sebelum tidur Rosulullah selalu membaca surat As-Sajdah dan Al-Mulk untuk menjaga dari gangguan setan dan jin.

4. Niat sholat tahajjud
Salah satu sholat sunnah yang dianjurkan adalah sholat tahajjud karena memiliki keutamaan yang lebih dibandingkan dengan sholat sunnah lainnya. Jika sebelum tidur berniat akan bangun sepertiga malam untuk menunaikan sholat tahajjud maka tidur yang kita lakukan dihitung sebagai ibadah dan mendapatkan pahala setara dengan menunaikan ibadah sholat tahajjud.

5. Membaca tasbih
Amalan yang berpahala 100 orang mati syahid selanjutnya adalah membaca tasbih. Dalam hadits Nabi telah diejlaskan bahwa seseorang yang membaca tasbih sebelum tidur dan dia meninggal dalam tidurnya maka dia akan mati dalam keadaan mati syahid dan pahala baginya setara dengan 100 orang mati syahid. Tasbih yang diamalkan menjelang tidur adalah dengan membaca Subhanallah 33 kali, Alhamdulillah 33 kali, dan Allahuakbar 33 kali.

6. Membaca 3 Qhul
Amalan sebelum tidur selanjutnya adalah dengan membaca 3 Qhul kemudian meniupkannya pada telapak tangan lalu mengusapkannya pada seluruh bagian tubuh yaitu mulai dari kepala, muka, badan, dan anggota tubuh lainnya sebanyak 3 kali.

7. Berdo’a
Sebelum tidur dianjurkan untuk membaca do’a sebelum tidur agar Allah senantiasa menjaga kita dari godaan syetan dan jin selama kita tidur. Lakukan amalan ini bisa mendapatkan pahala 100 orang mati syahid.

8. Sholat taubat
Amalan selanjutnya adalah dengan menunaikan sholat taubat 2 rokaat sebelum tidur karena kita tidak tahu apa yang terjadi selama tidur. Jika seseorang meninggal dalam tidurnya dan telah menunaikan sholat taubat ini maka dia mati dalam keadaan syahid.

9. Membaca surat Al-Kafirun
Jika seseorang membaca surat Al-Kafirun sebelum tidur maka dia akan terjaga dari dosa syirik yang dapat menjerumuskan dalam api neraka.

10. Tidur dalam posisi miring ke kanan
Dalam hadits Nabi telah dianjurkan untuk tidur dalam posisi badan miring ke kanan dan telapak tangan berada di bawah pipi.

Itulah beberapa informasi seputar amalan-amalan sunnah Rosul dan jika kita lakukan amalan ini, dapatkan pahala 100 orang mati syahid.
 
Sumber: Kumpulanmisteri.com

Related Posts

Inilah 10 Amalan Yang Pahalanya Setara dengan Pahala 100 Orang yang Mati Syahid
4/ 5
Oleh