Foto Pekerja Freeport di dalam perut bumi

Foto tambang bawah tanah Freeport - Siapa yang tidak mengenal tambang emas freeport, ya freeport adalah tambang emas terbesar di dunia yang katanya jika di kelola oleh orang indonesia semua rakyat indonesia akan makmur? Apakah benar?

Disini saya mendapatkan informasi dari facebook yang bernama Anjas Prawioko yang meliput di dalam perut bumi, " Total panjang terowongan bawah tanahnya mencapai 500 km, kalo ditarik garis lurus panjangnya sama dengan jarak Jakarta - Solo. Masuk ke dalam terowongan, melihat teknologinya & bertemu para pekerjanya, rasanya seperti memasuki 'dunia lain'" terang Anjas.



Pekerja dari se-antero Nusantara berjibaku bersama di dalam terowongan bawah tanah. Ada putra asli Papua, Makassar, Manado, Jawa, Batak, Palembang, NTT, Kalimantan dll. Ini adalah dunia lelaki, karena ada aturan yg melarang pekerja perempuan bekerja lebih dari 4 jam di bawah tanah.






Pekerja tambang kini tak mesti berpeluh dan kotor. Sopir kendaraan berat utk mengeruk material tambang kini bisa bekerja dgn alat canggih mengendalikan dari jarak jauh. Seperti 2 operator ini saat bekerja cukup duduk manis memainkan tombol dan melihat monitor seperti sedang main game. Mereka berada di ruang kontrol dlm gedung, sedangkan mesin pengeruk berada sejauh 7 km di gua bawah tanah. Teknologinya bernama minegem.


Jumlah pekerja tambang bawah tanah mencapai 2.800 orang. Mereka yg bekerja di bawah tanah jelas punya risiko besar. Krn itu mereka diingatkan dgn slogan 'lebih baik seribu kali hati2 daripada sekali mati'.


Ketika jam makan, pekerja tak perlu keluar karena tersedia ruang makan yg besar dgn menu terjamin. Rata2 pekerja makan dgn porsi 'segunung', mungkin krn butuh energi ekstra dan jg suhu dingin.


Meski menerapkan standar keselamatan tinggi, tetap disiapkan ruang evakuasi jika terjadi keadaan darurat. Chamber ini mampu menampung 300 orang jika terowongan bawah tanah tertimbun dan tidak ada akses keluar. Di dalamnya terdapat cadangan oksigen, makanan dan minuman utk bertahan selama 36 jam.


Itulah Foto di dalam perut bumi Freeport, mudah-mudahan semua pekerja yang ada disana maupun anda semua diberikan keselamatan dan kesehatan, amin. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Foto Pekerja Freeport di dalam perut bumi
4/ 5
Oleh

1 komentar:

11 Januari 2016 09.08 delete

Penuh Resiko dan Karyawan dari seluruh penjuru Negeri

Reply
avatar