Daftar Media Online dengan Konten Viral

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas daftar media online Indonesia yg mengusung konsep social news site, yg bisa dibilang berkiblat pada BuzzFeed dan media dengan konten viral di indonesia.

Daftar Media Online dengan Konten Viral


Social news site sendiri merupakan situs yg menarik pembaca untuk memberikan komentar dan membuatnya viral di media sosial. Belakangan, situs dengan konten semacam itu terus bermunculan di tanah air. Hal ini tentunya menjadi alternatif referensi bacaan bagi penikmat konten digital. Kali ini, saya mengulas daftar situs lokal yg mengusung konsep social news site di tanah air. Apa saja itu?

1. MalesBanget

Kiprahnya yg sudah mengudara secara online sejak 1 April 2002 ini membuat MalesBanget menjadi salah satu media mirip BuzzFeed yg populer di kalangan anak muda Indonesia. Nama Christian Sugiono sebagai salah satu selebriti papan atas Indonesia sekaligus Co-Founder dan CEO MalesBanget juga turut menambah popularitas media online ini.

MalesBanget sendiri menyajikan topik beragam mulai dari cinta, infografis, liputan, hingga pengetahuan umum. Tetapi, semua topik tersebut dibahas dengan pendekatan menghibur yg lucu dan jenaka. Akhir-akhir ini MalesBanget lebih banyak mengeluarkan konten berupa video.

2. Pulsk

Berasal dari singkatan “Pulang sekolah”, Pulsk semula memang dirancang tak ubahnya “majalah dinding online” untuk para pelajar yg baru pulang sekolah untuk berbagi informasi ringan yg menghibur. Diluncurkan sejak September 2012, Pulsk mengklaim diri sebagai “platform konten sosial Indonesia” yg memperoleh update konten dari pengguna (user generated content).

Dengan konsep tampilan menyerupai Pinterest, Pulsk juga mencuri perhatian anak muda Indonesia khususnya di kalangan pelajar. Namun, dibandingkan MalesBanget, Pulsk memiliki topik pembahasan yg lebih beragam dan bukan hanya menghibur melainkan juga informatif antara lain: fashion (pria dan wanita), fiksi, fotografi, gadget, kerajinan tangan, musik, olahraga, otomotif, sejarah, dan wisata.

3. Hipwee

Diluncurkan sejak bulan April 2014, Hipwee terbilang fenomenal dengan meraup 3,3 juta pageview setelah empat bulan peluncurannya. Hipwee memang memiliki ciri khas tersendiri yg menyajikan tulisan berupa artikel dengan tema populer yg akrab dengan keseharian anak muda urban. Konten yg tersedia di Hipwee yaitu Inspirasi, Hubungan, Tips, Travel, dan Opini.

4. Saaus

Dari Sauus sendiri merupakan startup media hiburan asal Singapura yg memposisikan diri sebagai social media buzz curator. Baru bulan September 2014 silam Sauus hadir dalam bahasa Indonesia.

Sauus menyajikan konten berbagai informasi unik yg tengah ramai diperbincangkan di jejaring sosial antara lain tips, berita kocak, breaking news, gosip selebriti, hingga berita kontroversial.

5. Mojok.co

Banyaknya media online yg menyajikan informasi dan gaya yg serupa, cenderung membuat pembaca jenuh. Berangkat dari kondisi tersebut, Arlian Buana dan lima orang rekannya terpikir untuk membuat sebuah situs yg menyajikan konten dengan sudut pandang yg berbeda dengan nama Mojok.co. Dengan tagline “Sedikit nakal banyak akal”, ada baiknya membuang sementara segala idealisme Anda sebelum mengakses situs ini. Karena bila tidak, maka bisa jadi dalam beberapa menit akan terasa bila kontennya penuh dengan opini nyinyir. Selain artikel, Mojok juga memiliki konten video dan komik.


6. IDNTimes

Situs ini awalnya merupakan portal berita 100 kata, itu artinya setiap berita yg ditampilkan IDNtimes hanya berisi kurang lebih seratus kata yg ditulis dalam satu paragraf. Namun di awal tahun 2015 ini, IDNTimes memutuskan untuk berganti konsep menjadi social news site yg sedikit banyak berkiblat pada BuzzFeed. Dengan “pivot” ini, Co-Founder William Utomo mengklaim bahwa situsnya telah berhasil mencapai sekitar 15 juta pageview bulanan.

7. Apaan.co

Terkadang hal sederhana mungkin sulit dicari jawabannya dari sebuah media konvensional. Peluang inilah yg diangkat Apaan.co. Meski masuk ke dalam jajaran pemain baru, situs ini berhasil menarik perhatian para pecinta social news site. Salah satu momentumnya adalah ketika di media sosial ramai dipertanyakan perihal “mengaduk bubur”. Apaan.co sendiri menampilkan konten yg beragam mulai dari artikel, review, media sosial, komik, hingga jasa konsultasi.

Related Posts

Daftar Media Online dengan Konten Viral
4/ 5
Oleh