Mengenal Lebih Jauh Tentang Juniper Network

Mengenal Lebih Jauh Tentang Juniper Network - Juniper Networks, Inc. adalah salah satu perusahaan Teknologi dan Informasi yg berpusat di Sunnyvale, California, Amerika. Perusahaan tersebut menjual dan mendesain layanan dan perangkat jaringan IP (Internet Protocol).

Mengenal Lebih Jauh Tentang Juniper Network

Juniper Networks bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks, Ericsson, dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solution jaringan IP/MPLS (Multiprotocol Label Switching) untuk pelanggannya.

Juniper juga mengembangkan OS mereka sendiri Seperti CISCO dengan IOS-nya maka Juniper membuat  OS yang berbasis CLI juga, yang di beri nama JUNOS dimana memiliki kepanjangan Juniper Operating System,

Produk yang disediakan Juniper terdiri atas keluarga router yang diantaranya M-series, router T-series, E-series, MX-series, dan J-series, Switch ethernet EX-series, perangkat optimasi WAN WX-series, dan perangkat Session & Resource Control (SRC).

Sejarah Juniper Network?

Menurut Wikipedia Juniper didirikan oleh Pradeep Sindhu, Dennis Ferguson, and Bjorn Liencres pada bulan februari 1996 di California, Amerika Serikat. Scott Kriens (sebelumnya dari Strata.com) menjadi CEO pada bulan oktober 1996 dan dianggap sebagai orang dibalik kesuksesan komersil Juniper. Juniper menjadi satu perusahaan pada bulan maret 1998 di Delaware dan go-public pada tanggal 25 Juni 1999.

Berbagai Seri Router Juniper :

Sekarang anda pasti penasaran, mengapa Seri dari Juniper sangat banyak?, langsung saja mari kita bahas Seri-Seri dari Juniper:

Dibawah ini beberapa model yang populer sekarang : 
  1. M-Series: M7i, M10i, M40e, M120, M320 
  2. J-Series: J2320, J2350, J4350, J6350 
  3. T-Series: T320, T640, T1600, TX Matrix, TX Matrix Plus 
  4. E-Series: E120, E320, ERX310, ERX705, ERX710, ERX1410, ERX1440 
  5. MX-Series: MX80, MX240, MX480, MX960

M-Series

M-Series

M-Series Router, yang biasa di sebut Multiservice Edge Router. Router ini dirancang khusus untuk perusahaan Corporate seperti Service Provider Network, dengan 7 Gbit/s up to 320 Gbit/s of throughput, M40 router adalah product pertama yang di rilis pada tahun 1998.

J-Series

J-Series Router

J-Series Router - Router  kelas Enterprise ini yang disebut Modular Router ini banyak di gunakan oleh perusahaan Nasional yang memiliki banyak cabang, dimana router seri “J” ini bisa mengolah data untuk Server, VoIP, Remote Access, CRM/  ERP / SCM dll, memberikan troughput yang stabil dengan fleksibelitas dan menambahkan fitur – fitur canggih untuk routing, QOS, Security, dan manajement perfomance.

T-Series

T-Series

T-Series Router - Router ini adalah core router yang dirancang khusus untuk kelas tinggi dengan troughput dari 320 Gbit/s sampai 2,56 Tbit/s dengan tingkat maximum forwarding rate 30.7 juta pps, Router ini juga memberikan Virtualisasi untuk core network.

E-Series

E-Series

E-Series Router, Router jenis ini sangat cocok digunakan untuk Routing protocol dimana mendukung BGP-4, IS-IS, OSPF dan RIP, Seri ini juga sangat ideal digunakan untuk Penyedia layanan dengan operasi kapasitas yang sangat tinggi POPs.

MX-Series

MX-Series

MX-Series Router dari Juniper yang dirancang khusus untuk meningkatkan inisiatif TI terdepan untuk penggabungan data center, virtualisasi server dan kesinambungan teknologi informasi. Dimana menyediakan kemampuan hi port -density routing dan switching yang memungkinkan penghematan daya listrik, ruang, serta biaya pendinginan hingga 50%.


Bagaimana setelah anda membaca ulasan diatas, apakah anda sekarang sudah mengetahui dan Mengenal Tentang Juniper Network dan seri-seri router yang dimiliki oleh Juniper Network? Sekian dulu dari saya semoga bermanfaat.

Baca juga :

Related Posts

Mengenal Lebih Jauh Tentang Juniper Network
4/ 5
Oleh