Kehebatan Orang Indonesia, Jual Software Gratisan Gak Pake Ijin

Kehebatan Orang Indonesia, Jual Software Gratisan Gak Pake Ijin - Orang Indonesia memang benar-benar sangat pintar dalam memanfaatkan situasi dan peluang. Sebuah barang yg tadinya gratisan bisa di jual sesuka hati tanpa harus izin dulu pada pembuatnya. 

Kehebatan Orang Indonesia, Jual Software Gratisan Gak Pake Ijin

Dari Pantauan saya, saat ini di forum internet Indonesia sedang booming penjualan sebuah software streaming televisi. Sang penjual membanderol softwarenya tersebut dengan harga Rp 50 ribu dan boleh dijual kembali.

Padahal, jika ditelisik, sebenarnya software yg dijualnya tersebut bukanlah milik penjual. Terlebih, sang penjual juga tidak memiliki bukti yg jelas bahwa dirinya memiliki hak untuk menjual software tersebut. 

Hal ini pun mengakibatkan beberapa pengguna forum yg sama marah. Dalam sebuah post terpisah, diungkapkanlah kebobrokan sang penjual tersebut. "tadinya curiga, soalnya hebat amat nih orang buat software tv, trus nyambung pake gambar Perdana2 gtu.. ternyata software tv gratisan DIJUAL lagi..," tulis salah seorang user. 

Ada juga software yg dijual sendiri adalah Readon TV Movie Radio Player karya Readon Technology. Dalam situsnya, Readon pun juga menjamin bahwa software miliknya tersebut bebas digunakan tanpa harus membeli.

"Readon TV Movie Radio Player adalah program freeware. Anda diperbolehkan menggunakannya dengan lisensi non eksklusif di komputer Anda," tulis lisensi perjanjian Readon Player tersebut. Selain itu, pada dokumen yg sama, juga disebutkan dengan jelas bahwa software ini dilarang untuk dikomersilkan. Penjualan baru boleh dilakukan setelah munculnya izin dari sang pemilik software. "Tak ada yg boleh menarik bayaran untuk software ini tanpa izin tertulis dari pemegang hak cipta," tambah dokumen itu.

Sementara itu, di post penjual sendiri juga tidak tertera pernyataan resmi dari Readon untuk menjual software tersebut atau menarik bayaran atas distribusinya. Sehingga, anggota forum lain pun kesal akan hal ini. "gimana orang indonesia bisa di hargai kalo gini? la karya orang yg free aja di komersilin?," tulis user. 

Pada intinya pesan dari saya buat anda yang sering memanfaatkan peluang dan mencari kesempatan dalam kesempitan, tolong hentikan aktifitas anda yang jelas merugikan, jika anda hanya ingin mendapatkan keuntungan lebih baik anda bekerja dengan sehat, bukan bekerja dengan tidak sehat, ingat Hukum IT berlaku, menjual tanpa seijin sang creator itu sama aja maling. Sekian dulu, semoga bermanfaat ...

Related Posts

Kehebatan Orang Indonesia, Jual Software Gratisan Gak Pake Ijin
4/ 5
Oleh