Ekosistem digital faktor utama pemicu BYOD

Ekosistem digital faktor utama pemicu BYOD - Faktor utama tumbuh dan berkembangnya Bring Your Own Device (BYOD) di suatu negara adalah tergantung kematangan ekosistem digital di negara tersebut.

"Digital ekosistem ini kian berkembang cirinya selalu meminta lebih dengan bayaran secukupnya. Ciri lainnya adalah kolaborasi berinovasi di antara pelaku usaha untuk mendorong cloud computing," ujar Director Marketing & Sales Telkomsigma, Otto B Hantoro, dalam seminar tentang BYOD.

 Bring Your Own Device (BYOD)


Menurut beliau, ada beberapa model dari BYOD yg bisa diadopsi yaitu membatasi perangkat yg digunakan karyawan dengan merujuk pada merek tertentu, membatasi dengan merujuk pada spesifikasi teknis tertentu, membatasi perangkat pada software tertentu, atau tidak ada pembatasan sama sekali.

"Peluang BYOD ini ada pada produk Desktop as a services untuk aplikasi. Di jaringannya bisa ditawarkan enterprise cloud storage dimana semuanya Telkomsigma miliki sebagai bagian dari Telkom Group," kata Otto.

Sementara itu, Chief Digital Services Officer, PT XL Axiata Tbk, Dian Siswarini, mengatakan manfaat BYOD dapat menciptakan peluang tenaga kerja yg lebih mobile, selain meningkatkan kepuasan karyawan juga dapat mengurangi biaya.

Untuk itu tambah Dian, dalam menghadapi tren BYOD operator harus menyesuaikan antara kendala yg dihadapai dalam implementasi BYOD dengan terget layanan yg ditetapkan perusahaan.

Dalam studi terbaru IDC, ditemukan bahwa 40% perangkat yg digunakan untuk mengakses aplikasi bisnis merupakan perangkat milik pribadi.

Sementara laporan terbaru dari Gartner menyebutkan, 80% perusahaan akan mendukung karyawan untuk menggunakan tablet di 2013, dan kalangan enterprise akan menawarkan dukungan fasilitas email dan kalender perusahaan sampai ke level perangkat. Angka ini diperkirakan akan mencapai 90% di 2016 mendatang.

Baca juga : BYOD percepat adopsi layanan cloud

Perusahaan riset pasar B2B International bersama Kaspersky Lab juga melansir bahwa 72% perusahaan yg telah disurvei akan menerapkan konsep BYOD. Dan 50% dari perusahaan yg disurvei itu akan mendorong karyawannya untuk menggunakan perangkat komputasi mereka sendiri untuk bekerja.

Dua tahun lagi diperkirakan, satu pekerja akan memiliki lebih dari tiga perangkat yg terhubung, meningkat cukup signifikan dari rata-rata 2,8 perangkat di 2015 ini. untuk kebijakan BYOD.

Related Posts

Ekosistem digital faktor utama pemicu BYOD
4/ 5
Oleh