Cara Agar Akun Internet Kamu Tidak Mudah Di HACK

Apakah kalian tau dengan situs AshleyMadison? Situs yang dinobatkan sebagai salah satu website paling gelap dalam dunia percintaan dikarenakan fungsinya yang mempermudah orang dalam berselingkuh ini pada tanggal 19 Juli 2015 kemarin baru saja di-hack dan jutaan ID penggunanya terancam untuk dibeberkan ke publik. Apakah ini merupakan sebuah bencana bagi mereka yang berselingkuh secara online? Oh tentu saja.


Perusahaan sebesar itu aja bisa kena hack dalam sekejap dengan kerugian yang sangat masif, lalu bagaimana dengan akun-akun kita di berbagai website lainnya? Para peneliti di Google mewawancarai 200 ahli keamanan cyber mengenai kebiasaan masing-masing individu dalam menjaga aktifitas online tetap aman, kemudian membandingkannya dengan 300 pengguna non-ahli untuk mengetahui seberapa besar sih perbedaannya. Melalui penelitian itu, kita bisa mendapatkan hasil bahwa para ahli mengamankan aktifitas online mereka melalui 6 poin berikut ini:


Cara Agar Akun Internet Kamu Tidak Mudah Di HACK

Aktifkan selalu Automatic Update

Update software dan sistem operasi secara otomatis dan berkala memang sangat penting. Melalui pembaruan tersebut, dapat menjamin bahwa kita selalu akan mendapatkan versi terbaru dari sebuah software, beserta kemanan yang lebih baik di dalamnya. Bagi yang memiliki kuota pas-pasan, kegiatan update memang menjengkelkan, namun demi urusan keamanan, ini merupakan hal yang perlu untuk dilakukan.

Jangan lupa untuk gunakan Antivirus 

Cara Agar Akun Internet Kamu Tidak Mudah Di HACK
Antivirus sangat penting, namun bukan segalanya. Antivirus akan tetap menjaga komputer kamu tetap bersih, namun bukan berarti mereka bisa melakukan semuanya. Apabila kamu merupakan orang yang jorok dan tidak peka dalam berselancar di dunia maya, siap-siap saja Antivirus akan loyo dan tidak bisa mengimbangi banyaknya gempuran bertubi-tubi dari ancaman keamanan. Orang yang punya komputer juga harus peka dengan apa yang akan mereka klik dan buka, tidak bisa asal.

Buat passwordmu unik dan rumit, namun tetap mudah di ingat 

Cara Agar Akun Internet Kamu Tidak Mudah Di HACK
Banyak sekali kasus peretasan dan pencurian data berawal dari kecerobohan pengguna yang hanya membuat password begitu sederhana. 123456, qwerty, tanggal lahir, dan password-password sederhana lainnya sangat mudah untuk ditebak. Jika kamu menganggap bahwa akun di internet merupakan asset yang berharga, berarti jangan berikan akses yang mudah dijebol dong. Gunakan kombinasi huruf dan angka dengan menarik, kalau bisa gunakan simbol-simbol seperti !, @, #, dsb agar tidak mudah di-bruteforce oleh orang lain.

Gunakan Password Manager 

Cara Agar Akun Internet Kamu Tidak Mudah Di HACK
Sekarang sudah banyak fasilitas online yang bisa membantu kamu dalam menyimpan password-password agar tidak mudah dilupakan. Jumlah ahli keamanan cyber yang menggunakan Password Manager bahkan hingga 3 kali lipat dibandingkan dengan non-ahli. Hanya 18% ahli yang tidak percaya dengan aplikasi tersebut.

Gunakan Autentikasi dua tahap

Gunakan Autentikasi dua tahap
Cukup merepotkan sih, namun beberapa website seperti media sosial, online shop, perbankan, dan Google sekalipun menyediakan fasilitas autentikasi dua tahap yang dapat membantu penggunanya menjaga akun tetap aman. Autentikasi dua tahap akan menambahkan tahapan selanjutnya setelah kamu memasukkan user ID dan password, sehingga sulit bagi peretas untuk menjebol akun tersebut karena membutuhkan login yang berlapis. Ini sangat penting bagi kamu yang memiliki akun di website penting dan sensitif karena pasti banyak orang jahat di luar sana yang akan mengincarnya.

Selalu kunjungi website yang jelas dan terbukti aman

kunjungi website yang jelas dan terbukti aman
Ini sih sebenarnya sudah menjadi saran yang sangat umum di luar sana. Namun rasa penasaran dari manusia menuntut mereka untuk mencoba hal baru dan tentu saja akan menghadapi berbagai macam website yang aneh dan berbahaya. Berbahaya disini tidak hanya usil belaka, namun bisa jadi kamu akan menghadapi ancaman keamanan serius seperti virus, malware, adware, spam, scam, bahkan pishing apabila kamu tidak hati-hati di luar sana.

 Cara Agar Akun Internet Kamu Tidak Mudah Di HACK

Related Posts

Cara Agar Akun Internet Kamu Tidak Mudah Di HACK
4/ 5
Oleh